Tips dan Trik Menghemat BBM
Punya sepeda motor standar namun konsumsi bahan bakarnya menjadi boros tentu menjadi tanda tanya pemakainya. Apa penyebabnya?
setidaknya ada lima hal yang menjadi penyebab boros tidaknya konsumsi bensin, seperti:
A. Situasi jalan yang dilalui dalam kondisi macet, karena meskipun
posisi motor sedang berhenti, namun putaran mesin tidak berhenti.
B. Kondisi jalanan yang dilalui menanjak, di mana pada kondisi jalan
tersebut pengendara motor membuka gas lebih banyak ketimbang kondisi
jalan landai atau datar, sehingga mengakibatkan putaran mesin lebih
tinggi dan konsumsi bensin menjadi lebih banyak. Demikian juga pada
jalan yang bergelombang, atau cenderung rusak.
C. Cara pemakaian juga mempengaruhi konsumsi bensin. Misalnya, ketika
motor berhenti di persimpangan atau lampu merah, sering memainkan gas
secara terus-menerus, sering ngebut, dan sering mengerem mendadak.
Selain itu faktor lainnya adalah tidak melakukan servis secara rutin,
sehingga settingan mesin telah mengalami perubahan.
D. Yang turut mempengaruhi penggunaan bahan bakar adalah suhu. Makin
panas suhu udara, maka penguapan bahan bakar akan semakin tinggi.
E. Kondisi fisik motor. Misalnya, ban kempes atau kurang angin,
penggunaan aksesori body yang berat dan mengakibatkan bertambahnya
hambatan udara, atau beban angkut yang berlebihan.
Berikut ini kiat kiat untuk menghemat BBM
BUKA-TUTUP GAS SEIRAMA
Jangan bergaya stop and go. Tutup dan buka gas full. Tapi, mainkan irama
sesuai putaran mesin. Secara teknis antara rpm dan torsi senada. Di
sini dibutuhkan feeling kuat. Apalagi, pas pindah gigi. Jangan sampai
telat. Rpm jangan dibiarkan tinggi, baru pindah gas. Buka gasnya pun
mesti sesuai putaran mesin. Jangan buka gas, tapi tenaga motor masih
rendah, jelas Freddy.
Paling gampang dicoba pas turunan dan tanjakan. Di turunan nggak usah
open throttle. Cara seperti itu ngasih beban berlebihan. Bahan bakar
deras, tapi enggak sesuai kebutuhan ruang bakar.
JANGAN ENGINE BRAKE
Di harian jangan disamakan dengan balap. Hapus teknik engine brake.
Teknik seperti memaksa mesin berputar, tapi enggak sesuai dengan daya
yang dihasilkan. Berarti bahan bakar ngocor, sementara enggak terbakar
sempuran. Paling bagus pakai rem. Mesin enggak dipaksa berputar,terang
Anggono yang bakal melepas lajang Minggu ini.
HINDARI NGEREM SAMBIL NGEGAS
Ini biasa dilakukan kaum Hawa. Enggak nyadar, rem belakang diinjak, tapi
gas tetap manteng. Sekali lagi, rpm dan torsi nggak keluar maksimal.
Mirip sama orang mau buang air besar, tapi ditahan. Proses pembakaran
yang semestinya menghasilkan daya, tapi tertahan. Pembakaran pun jadi
sia-sia.
HARAM GEBER DI LAMPU MERAHKebiasan bergaya. Kondisi mesin idle atau
posisi gigi lagi netral, tapi gas digeber-geber. Campuran bahan bakar
dan udara dari karburator masuk ke ruang bakar. Wah, di sini nih bensin
akan ngocor deras, tapi terbuang percuma. Mubazir, kan. Posisi mesin
langsam bisa dianggap saat bahan bakar banyak terbakar. Ditambah lagi
main geber. Pasti jadi makin boros
JANGAN TERLALU LAMA MANASIN MESIN
Cara lama. Sebelum berangkat ngantor, sekolah, atau kuliah motor
dinyalakan. Dibiarkan berlama-lama. Katanya sih supaya oli naik dan
membasahi semua komponen mesin sebelum motor dijalankan. Ingat lho,
posisi mesin langsam bikin bahan bakar terbuang percuma.
SERVICE LAH MOTOR ANDA SECARA BERKALA
Yang satu ini juga ga kalah pentingnya. Selalu service mesin motor anda
secara berkala, ikuti anjuran penggantian oli sesuai pabrikan motor
anda. Biasanya sekitar 3000 - 5000km atau tiap 3-4bulan sekali. walaupun
jarak tempu anda tidak sampai kilometer tersebut, tetapi pakar - pakar
motor tetap menganjurkan penggantian oli.
Jangan tunggu sampai warna oli mesin anda menghitam, lakukan secara
berkala. Dan service berkala tersebut dapat mempertahankan performa
mesin motor Anda.
Kamis, 03 November 2011
00.13
BROTHER HANJUNG COMUNITY
No comments
0 komentar:
Posting Komentar