SELAMAT DATANG DI BROTHER HANJUNG COMMUNITY

Kamis, 10 November 2011

Tips Menghemat Bahan Bakar Motor

Setelah melihat keadaan saat ini bahwa harga bahan bakar minyak (BBM) tidak stabil harganya. Yang menjadi permasalahan bagi para pengguna motor adalah jika BBM harganya naik tinggi, pastinya akan membuat pengguna kendaraan khususnya motor menjadi susah.

Namun disisi lain sebagai pengguna motor kita juga harus bisa menghemat bahan bakar. Sehingga konsumsi bahan bakar sehari-hari kita akan sedikit tertekan.
Ada beberapa faktor yang membuat kita khususnya pengendara motor boros akan bensin, diantaranya adalah:
  • Berkendara pada jalanan yang macet, disitu kita sama saja membuang bahan bakar secara sis-sia. Sebabnya meski kita berhenti namun kendaraan kita tetap melakukan pembakaran.
  • Kondisi jalanan yang menanjak, pada kondisi ini kita membuka tarikan gas lebih besar dibandingkan dengan kondisi jalan yang datar. Sedang jika kita membuka tarikan gas yang besar maka bahan bakar yang keluarpun akan semakin banyak.
  • Faktor pemakaiaan sipengguna motor, misalnya sering ngebut, sering mengerem mendadak, dan pada saat berhenti di lampu merah sering memainkan gas. Bisa juga servis motor yang tidak berkala bisa membuat setelan mesin berubah.
  • Panas suhu juga bisa membuat bahan bakar menjadi boros, karena uhu yang panas bisa menguapkan bensin kita secara percuma.
  • Dan yang terakhir adalah kondisi fisik motor, seperti tekanan angin ban kurang, putaran roda yang kurang lancar, penambahan aksesoris yang berat, dan beban angkut yang berlebihan tidak memenuhi standard.
Itu semua tadi bisa mempengaruhi dan membuat bahan bakar kita boros dan terpakai sia-sia. Tapi ada tips untuk menghemat bahan bakar motor dengan melakukan beberapa hal dibawah ini:
1. Buka Tutup Gas Seirama
Biasakan untuk tidak melakukan hal menutup dan membuka Gas secara penuh, buatlah seirama dalam membuka dan menutup gas. Secara teknis rpm harus senada dengan torsi, memang dibutuhkan feeling yang kuat dari pengendara motor sendiri. Saat memindahkan gigi pun jangan sampai telat, jangan biarkan putaran mesin tinggi baru memindah gigi.
2. Jangan melakukan Engine Breake
Engine Breake jangan digunakan disaat berkendara sehari-hari, membiarkan mesin berputar tapi tidak sesuai dengan daya yang dihasilkan akan berakibat bahan bakar ngocor namun tidak terbakar sempurna. Itu sama saja membuat boros bahan bakar anda.
3.  Hindari Negerem Sambil Ngegas
Bayangkan jika putaran mesin tinggi namun keluar dengan sia-sia, karena anda ngerem bersamaa saat ngegas. Hal ini biasanya dilakukan oleh kaum perempuan. Tak sadar kalo rem terinjak namun gas masih dibuka, itu membuat rpm mesin akan keluar tidak maksimal.
4. Jangan Geber di Lampu Merah
Biasanya banyak dilakukan anak muda jaman sekarang. Pada saat berhenti dilampu merah menggeber motor pada posisi gigi netral. Geber sama saja membiarkan bahan bakar masuk keruang pembakaran dan terbakar sia-sia tidak untuk memutarkan mesin. Membiarkan mesin tetap hidup saat berhenti saja boros apalagi kalau geber makin tambah boros kerena bahan bakar yang terhisap semakin banyak.
5. Saat Memanaskan Mesin Jangan Terlalu Lama
Sama saja berhenti dilampu merah namun mesin tetap hidup, berarti juga saat anda memanaskan mesin terlalu lama maka mesin semakin lama dibiarkan hidup untuk memanaskan mesin saja. Ingat mesin menyala tapi tidak berjalan bukan berarti bahan bakar tidak keluar dipakai untuk proses pembakaran. Jangan biarkan bahan bakar terbuang percuma

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Templates | Affiliate Network Reviews